sampul

sampul

Sambutan Mendikbud di Hari Pertama Masuk Sekolah Tahun Ajaran 2016/2017

GuruPembelajar.net - Sambutan Mendikbud di Hari Pertama Masuk Sekolah Tahun Ajaran 2016/2017

Tahun ajaran 2016/2017 akan segera dimulai pada hari Senin tanggal 18 Juli 2016 besok. Seperti yang pernah diberitakan sebelumnya, kementerian Pendidikan dan Kebudayaan gencar mengkampanyekan Gerakan Mengantar anak sekolah di hari pertama masuk sekolah.

Himbauan itupun mendapat sambutan positif dari berbagai kalangan, termasuk dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) yang mengeluarkan himbauan senada, dengan memberikan dispensasi kepada para aparatur negara untuk mengantarkan anaknya sekolah di hari pertama masuk sekolah pada hari senin besok.

Kemudian Pak Anies Baswedan; menteri Pendidikan dan Kebudayaan kita juga memberikan sambutannya pada hari pertama masuk sekolah besok.

Berikut ini isi dari sambutan Pak Menteri Anies Baswedan.
Sambutan Mendikbud di Hari Pertama Masuk Sekolah


MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA
SAMBUTAN
MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN RI
Pada Hari Pertama Sekolah Tahun Ajaran 2016/2017

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera untuk kita semua,
Selamat datang kembali di sekolah. Hari ini kita mengawali kembali tahun ajaran baru dengan semangat baru. Bagi siswa, hari ini adalah hari pertama di sekolah baru atau di kelas baru. Bagi sebagian guru, hari ini pun adalah hari pertama bertugas di kelas baru dan akan bertemu dengan murid-murid yang baru.

Kebaruan semangat ini mari kita gunakan untuk terus menumbuhkan lingkungan dan suasana sekolah yang menantang sekaligus menyenangkan. Mari kita kembangkan budaya sekolah yang menumbuhkan kemampuan utuh setiap siswa. Tak hanya pada aspek akademik dan literasi dasar, namun juga perhatian pada aspek nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya, serta aspek kepemimpinan, berpikir kritis, berkomunikasi efektif, berkreasi dan bekerja sama. Anak-anak Indonesia akan berhadapan dengan tantangan yang berbeda dari generasi gurunya, maka anak-anak Indonesia perlu mempersiapkan diri dengan kemampuan yang relevan dengan tantangan jamannya.

Tak kalah pentingnya dari sekolah yang menyenangkan, mari kita semua bertekad menumbuhkan lingkungan sekolah yang aman dan sehat. Kini mari kita perbarui tekad kita untuk saling menjaga sesama warga sekolah dan menolak tegas segala jenis bentuk kekerasan di sekolah.

Penumbuhan lingkungan dan suasana sekolah yang menyenangkan juga membutuhkan pelibatan orangtua dan masyarakat. Hari ini begitu banyak orangtua dan wali telah ikut mengantar buah hatinya ke sekolah, menitipkan harapan besar pada Ibu dan Bapak guru yang sebagian harus berkorban hari ini untuk menyambut mereka alih-alih mengantar anak Ibu dan Bapak guru sendiri. Mari kita ucapkan terima kasih dan beri apresiasi untuk Ibu dan Bapak semua.

Hubungan hangat yang istimewa ini jangan hanya terjalin di Hari Pertama Sekolah, namun jalinan komunikasi perlu terus terjaga selama setahun ke depan. Karena seperti telah kita rasakan hari ini di seluruh penjuru Nusantara, saat kita bergandengan dan bergerak bersama, terwujudnya lingkungan pendidikan yang menyenangkan bukanlah sekadar mimpi tapi sebuah kenyataan.

Selamat berjuang sepanjang satu tahun ke depan!

Salam hangat dan hormat dari seluruh jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Jakarta, 15 Juli 2016

Anies Baswedan

Demikianlah sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka hari Pertama Masuk Sekolah. Untuk lebih jelasnya silakan Anda unduh Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada link di bawah ini.
Download Sambutan Mendikbud Pada Hari pertama masuk sekolah

Terima kasih sudah berkenan membaca postingan di atas. Semoga ada manfaatnya.