Guru Pembelajar

Guru Pembelajar

Surat Edaran Kemendikbud tentang Kegiatan di Hari Pertama Sekolah

Masih ingat dulu saat sekolah dan masuk pertama kali setelah liburan panjang, apa yang Anda request ke Bapak/Ibu Guru? "Jangaaaan pelajaran duluuu paaak... cerita-cerita atau motivasi duluuuu..."

Setiap kegiatan biasanya dimulai dengan langkah yang pasti, sebagai bentuk ucapan syukur dan antusiasme kita dalam melakukannya. Banyak cara yang kemudian orang lakukan untuk membuat langkah pertama dengan mantap: berdoa, mempersiapkan kebutuhan yang diperlukan, termasuk mempersiapkan diri. Lalu bagaimana dengan hari pertama siswa masuk sekolah? Sepenting apa hari pertama masuk sekolah dalam mengawali petualangan belajar siswa? Apa saja yang harus dilakukan pada hari pertama sekolah?

Apapun momennya, hari pertama biasanya mendapatkan sorotan. Misalnya saja, hari pertama presiden bekerja. Nah, apalagi hari pertama siswa didik kita bersekolah, seharusnya kita mau menyisihkan perhatian, baik saat mempersiapkan siswa menghadapi hari pertama sekolah – entah kembali atau untuk pertama kalinya bersekolah – pula mengamati berbagai hal sepanjang hari itu.

Meskipun biasanya hari pertama siswa terkesan seremonial atau bahkan superfisial, namun justru hal-hal yang mungkin orang dewasa anggap sepele sangat berarti bagi siswa. Misalnya saja, kesempatan memilih tempat duduk. Bapak Ibu guru tentu tahu kan rasanya telat datang seminar dan mendapat sisa bangku yang mungkin tidak disukai? Nah, hal-hal semacam ini ternyata punya pengaruh dalam proses belajar siswa di kelas di kemudian hari.

Surat Edaran Kemendikbud tentang Kegiatan di Hari Pertama Sekolah
Surat Edaran Kemendikbud tentang Kegiatan di Hari Pertama Sekolah


Seperti yang dikemukakan mendikbud Anies Baswedan; hari pertama masuk sekolah adalah saat yang tepat untuk memulai babak baru bagi kita semua. Ini saat bagi kita untuk membentuk sekolah menjadi taman, menjadi ekosistem pendidikan yang penuh tantangan tapi menyenangkan bagi semua warganya.

Nah, berikut ini Surat edaran petunjuk/himbauan dari Kemdikbud untuk Bapak/Ibu guru semua terkait dengan kegiatan apa saja yang perlu dilakukan pada hari pertama masuk sekolah.

Surat Edaran Kemendikbud - Dirjen Dikdasmen tentang Pelaksanaan Awal Tahun Pelajaran 2016/2017


1. Sekolah diharuskan melaksanakan Permendikbud No. 82/2015 tentang tindakan pencegahan dan penanggulangan tindak kekerasan di sekolah, kewajiban membuat papan informasi sekolah aman, serta membentuk Tim Pencegahan Tindak Kekerasan terdiri dari Kepala Sekolah, perwakilan Guru, perwakilan siswa, dan perwakilan orang tua/wali agar masalah kekerasan yg terjadi di sekolah dapat dicegah dan ditangani.

2. Melaksanakan Permendikbud no. 18/2016 tentang pengenalan lingkungan sekolah.

3. Melaksanakan Permendikbud no. 23/2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti, diantaranya yaitu dengan cara:

  • Mengawali hari sekolah dengan 15 menit waktu membaca buku non pelajaran;
  • Menyanyikan lagu Indonesia Raya atau lagu-lagu penuh cinta tanah air;
  • Berdoa bersama dipimpin oleh siswa secara bergantian;
  • Mengakhiri hari sekolah dengan menyanyikan lagu-lagu daerah.


4. Melaksanakan Permendikbud no. 64/2015 tentang Kawasan tanpa Rokok di Lingkungan Sekolah.

5. Penggunaan Kartu Indonesia Pintar, sekolah diharuskan:

  • Menerima pemegang KIP yg sudah melapor menjadi calon peserta didik;
  • Mendata calon peserta didik tersebut untuk menjadi prioritas pada penerimàan peserta didik tahun pelajaran baru;
  • Menerima anak putus sekolah yang telah menerima KIP untuk melanjutkan; 
  • Melakukan pemutakhiran data pesdik pemegang KIP ke dalam aplikasi Dapodik.


Demikian Surat Edaran Kemendikbud tentang kegiatan pelaksanaan hari pertama masuk sekolah. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Surat Edaran Kemendikbud tentang Kegiatan di Hari Pertama Sekolah"

Post a Comment