Guru Pembelajar

Guru Pembelajar

Permendikbud Nomor 8 Tahun 2017 tentang Juknis BOS Tahun 2017

Juknis Penggunaan Dana BOS Tahun 2017 | gurupembelajar.net
Tahun pelajaran 2016/2017 semester 2 sudah berjalan separuhnya. Biaya pengelolaan dan operasional sekolah terus bertambah, sementara dana BOS tahun 2017 untuk sebagian besar sekolah jenjang menengah belum juga cair. Juknis BOS 2017 atau Petunjuk teknis penggunaan dana BOS tahun 2017 baru kemarin tanggal 27 Februari 2017 dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia melalui Permendikbud nomor 008 Tahun 2017 tentang Petunjuk Teknis BOS 2017.
Beberapa hal yang baru pada diantaranya adalah pembolehan penggunaan dana BOS untuk pembayaran honor pada jenjang pendidikan menengah.
Berikut ini ketentuannya yang saya kutip dari lampiran Permendikbud nomor 008 tahun 2017.
Juknis BOS tahun 2017
Permendikbud nomor 8 tahun 2017: Juknis BOS tahun 2017
BOS dapat digunakan untuk pembayaran honor guru pada jenjang SMA sebagai akibat pengalihan kewenangan pengelolaan pendidikan menengah dari pemerintah daerah kabupaten/kota kepada pemerintah daerah provinsi, dengan ketentuan:
  1. batas maksimum penggunaan BOS untuk membayar honor pada sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah sebagai akibat pengalihan kewenangan sebesar 15% (lima belas persen) dari total BOS yang diterima;
  2. guru memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV;
  3. bukan merupakan guru yang baru direkrut setelah proses pengalihan kewenangan; dan
  4. guru honor pada sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah sebagaimana dimaksud pada huruf a wajib mendapatkan penugasan dari pemerintah daerah dan disetujui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Sekretaris Jenderal berdasarkan usulan dari dinas pendidikan provinsi dengan menyertakan daftar data guru hasil pengalihan kewenangan yang meliputi jumlah guru, nama guru dan mata pelajaran yang diampu, serta sekolah yang menjadi satuan administrasi pangkalnya.

Permendikbud Nomor 8 Tahun 2017 tentang Petunjuk Teknis BOS 2017

Seperti pada periode sebelumnya, titik berat penggunaan dana BOS adalah untuk pemenuhan buku teks pelajaran bagi peserta didik dan buku pegangan bagi guru sesuai dengan kurikulum yang digunakan oleh sekolah. Buku teks tersebut harus sudah dibeli oleh (tersedia di) sekolah sebelum Tahun Pelajaran baru dimulai. 

Sekolah harus mencadangkan separuh BOS yang diterima di triwulan II (untuk sekolah yang menerima penyaluran tiap triwulan) atau sepertiga dari BOS yang diterima di semester I (untuk sekolah yang menerima penyaluran tiap semester), atau 20% dari alokasi sekolah dalam satu tahun, di rekening sekolah untuk pembelian buku teks dan nonteks yang harus dibeli sekolah. BOS yang dicadangkan ini baru boleh dicairkan apabila sekolah akan membayar pemesanan buku teks yang diperlukan, atau sudah memenuhi kewajiban menyediakan buku.

Apabila penggunaan dana untuk pembelian buku teks lebih besar dari 20% BOS yang telah dicadangkan, sekolah dapat menambahkan dana tersebut dari dana yang ada. Sebaliknya apabila dana yang dicadangkan tersebut masih tersisa setelah sekolah memenuhi kebutuhan buku teks dan non teks yang telah ditentukan, maka sisa dana tersebut dapat digunakan untuk pembelian buku lainnya atau pembiayaan kegiatan lainnya.

Untuk ketentuan lainnya yang lebih lengkap, silakan anda download permendikbud nomor 8 tahun 2017 tentang petunjuk teknis penggunaan dana BOS tahun 2017 pada tautan di bawah ini.

Permendikbud Nomor 8 Tahun 2017 tentang Juknis BOS tahun 2017

Download di sini

Update !!!
Dengan dikeluarkannya Permendikbud Nomor 26 Tahun 2017 maka Permendikbud Nomor 008 Tahun 2017 di atas sudah tidak relevan lagi. Silakan unduh Juknis penggunaan dana BOS terbaru di sini: 

Download Permendikbud Nomor 26 Tahun 2017

Selain Juknis BOS tahun 2017 di atas, kami sertakan pula surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri tentang petunjuk teknis pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) satuan pendidikan menengah negeri dan satuan pendidikan khusus negeri yang diselenggarakan pemerintah provinsi pada anggaran pendapatan dan belanja daerah yang dikeluarkan per tanggal 24 Februari 2017 kemarin.

Surat Edaran Mendagri tentang Juknis BOS tahun 2017

Download di sini

Demikian permendikbud nomor 8 tahun 2017 tentang petunjuk penggunaan dana BOS untuk tahun 2017 yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.