Guru Pembelajar

Guru Pembelajar

Panduan Cara Mengisi Dapodik PAUD 2017 Semester I

Panduan Cara Mengisi Dapodik PAUD 2017 | www.gurupembelajar.net
Selamat datang di gurupembelajar.net. Berikut ini kami bagikan panduan cara mengisi Dapodik PAUD yang baru saja rilis versi terbarunya: Aplikasi Dapodik versi 3.1.0.

Pengisian Dapodik PAUD Tahun Ajaran 2017/2018 Semester I (Ganjil) dapat anda lakukan mulai tanggal 16 Agustus 2017 menggunakan aplikasi versi 3.1.0 yang dapat diunduh melalui tautan di bawah ini.

Installer Aplikasi fronted Dapodik PAUD Dikmas V.3.1.0

Sebelum melakukan instalasi aplikasi versi baru 3.1.0 pastikan dulu anda menghapus/uninstalasi aplikasi versi sebelumnya dari laptop/komputer Anda.

Cara Mengisi Dapodik PAUD 2017
Panduan Cara Mengisi Dapodik PAUD 2017

Untuk mencegah terjadinya data ganda karena sinkronisasi dari dua atau lebih laptop/komputer maka mulai tahun ajaran 2017/2018 registrasi aplikasi dibatasi hanya dari satu laptop/komputer saja. Laptop/komputer pertama sebuah lembaga yang diregistrasikan akan dikunci di server. Jika lembaga tersebut ingin berpindah melakukan pendataan dengan laptop/komputer lain maka lembaga tersebut harus menghubungi dinas untuk melakukan reset registrasi.

Langkah-langkah yang perlu diperhatikan setelah registrasi aplikasi Dapodik terbaru adalah:

  • Luluskan peserta didik
  • Salin penugasan PTK dari semester lalu agar PTK yang sudah terdaftar pada semester lalu muncul di semester ini.
  • Isi/lanjutkan data periodik peserta didik
  • Input peserta didik baru
  • Buat rombel
  • Isi anggota rombel dan pembelajaran
  • Bagi kepala sekolah, jenis PTK wajib dipilih “Kepala Sekolah” dan wajib mengisikan tugas tambahan (Jam dapat diisikan 18 atau 24 jam). Kepala sekolah tidak wajib mengajar (diisikan pada pembelajaran di rombongan belajar).


Batas waktu pengisian Dapodik dilakukan sampai akhir November 2017.

Demikian informasi terkait dengan cara mengisi Dapodik PAUD Tahun 2017 terbaru versi 3.1.0 yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat. Jika ada hal-hal yang kurang jelas bisa kita diskusikan melalui kolom komentar di bawah postingan ini.

4 Responses to "Panduan Cara Mengisi Dapodik PAUD 2017 Semester I"

  1. numpang nanya, ada tambahan menu pada aplikasi dapodikpaud 2017/2018.contoh menu pada riwayat kepangkatan bagian "asal data", di kolom asal data itu apa maksudnya?dan penempatan huruf/angka hanya 1.mohon informasinya.trimakasih

    ReplyDelete
  2. Bagaimana kalau nama nama rombel tidak muncul...

    ReplyDelete
  3. bagaimana jika data riwayat pendidikan formal tidak bisa di syncron karena conflict dengan foreign key? trimakasi

    ReplyDelete