Guru Pembelajar

Guru Pembelajar

Semarak HUT SMAN 1 Kaliwungu, Unik dan Kreatif

HUT SMAN 1 Kaliwungu - GuruPembelajar.Net
Ada hal baru yang unik dan menarik pada peringatan HUT SMAN 1 Kaliwungu ke-30 kali ini. Kalau pada perayaan HUT tahun sebelumnya sekolah mendatangkan artis/band Ibukota, perayaan HUT kali ini dirancang dengan format berbeda yang tidak kalah meriahnya, dengan melibatkan segenap warga SMAN 1 Kaliwungu dan warga di sekitar SMA. 

Semarak HUT SMAN 1 Kaliwungu
Semarak HUT SMAN 1 Kaliwungu. Foto: SMANKA doc.

Pada perayaan HUT SMAN 1 Kaliwungu dua tahun terakhir, OSIS SMAN 1 Kaliwungu sudah mengundang artis Ibukota "Candil" dan "Seventeen". Tapi pada perayaan tiga dasawarsa berdirinya sekolah ini, dengan mengambil tema  "Cerdas, Terampil, dan Berbudaya", segenap warga SMAN 1 Kaliwungu lebih memilih untuk memberdayakan potensi diri dengan melakukan serangkaian kegiatan seperti jalan sehat, Pasar murah, Karnaval, dan pentas seni. 

Jalan sehat HUT SMAN 1 Kaliwungu
Jalan sehat HUT SMAN 1 Kaliwungu. Foto: SMANKA doc. 

Dimulai pada hari Jumat pagi tanggal 5 Januari 2018, para siswa dan segenap guru serta penduduk sekitar, melaksanakan jalan sehat dengan rute sepanjang +- 2 kilometer. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan bazar/pasar murah berupa sembako dan pakaian bekas pantas pakai. Di sela-sela berlangsungnya kegiatan itu dilaksanakan pula kegiatan donor darah bekerja sama dengan PMI Cabang Kendal serta pembagian doorprize.


Donor darah HUT SMAN 1 Kaliwungu
Donor darah HUT SMAN 1 Kaliwungu. Foto: SMANKA doc.

Kegiatan perayaan HUT SMAN 1 Kaliwungu ke 30 berlanjut hari berikutnya Sabtu 6 Januari 2018 berupa karnaval budaya yang menempuh jarak tiga kilometer, di mulai dari Alun-alun Kaliwungu dan finish di SMAN 1 Kaliwungu.
Kegiatan karnaval budaya tersebut diikuti sebanyak 1.150 peserta karnaval baik siswa-siswi maupun guru yang dibagi menjadi 30 kelompok, terdiri dari barisan guru, karyawan dan siswa siswi SMAN 1 Kaliwungu.

Karnaval Budaya HUT SMAN 1 Kaliwungu
Karnaval Budaya HUT SMAN 1 Kaliwungu. Foto: SMANKA doc.

Para peserta karnaval budaya menampilkan berbagai kreatifitasnya masing-masing seperti membawa replika bedug, rumah joglo, replika tugu Yogyakarta, burung garuda, dan lain sebagainya. Ada yang berkostum berbentuk bunga matahari, burung cendrawasih, burung merak hingga kostum pakaian yang terbuat dari kantong plastik dan bahan bekas pakai lainnya. Ribuan masyarakat terlihat ikut berpartisipasi memadati sepanjang jalan yang dilalui karnaval. 

Karnaval Budaya HUT SMAN 1 Kaliwungu
Karnaval Budaya HUT SMAN 1 Kaliwungu. Foto: SMANKA doc.

Kepala SMAN 1 Kaliwungu, Puji Hastuti mengatakan, kreatifitas tersebut semuanya dari peserta didik. Karnaval itu sebagai bentuk gelar budaya Indonesia, sehingga tidak sedikit peserta yang menggunakan pakaian adat dari provinsi lain. Selain itu senada dengan misi sekolah untuk mewujudkan sekolah adiwiyata, para siswa diinstruksikan sedapat mungkin agar segala kreatifitas dan properti yang dibuat untuk karnaval mengandung unsur bahan bekas pakai.

“Peserta kami beri kebebasan untuk memunculkan kreatifitasnya. Mulai mengenakan kostum berbagai bentuk hingga membawa replika berupa monumen atau tugu yang menjadi ciri khas masing-masing daerah. Karnaval ini juga kami lombakan.” kata Beliau.

Karnaval Budaya HUT SMAN 1 Kaliwungu
Karnaval Budaya HUT SMAN 1 Kaliwungu. Foto: SMANKA doc.

Kegiatan karnaval ini juga menggandeng pihak keamanan dari Polsek kaliwungu sebagai upaya pengamanan jalur agar rombongan karnaval yang terdiri dari drumband, kesenian drumblek, pawai kebudayaan, pesan penghijauan, parade teknologi dan barongan dapat berlangsung dengan tertib selama di jalan.
Kepala SMAN 1 Kaliwungu dan Kapolsek Kaliwungu
Kepala SMAN 1 Kaliwungu dan Kapolsek Kaliwungu. Foto: SMANKA doc.

Kapolsek Kaliwungu mengatakan bahwa dalam kegiatan karnaval tersebut tidak ditemukan tulisan, gambar, poster, atau simbol maupun spanduk yang mengarah ke ujaran kebencian, SARA atau yang dilarang pemerintah.

Puncak perayaan HUT SMAN 1 Kaliwungu ke 30 dilaksanakan pada Senin pagi tanggal 8 Januari 2018 berupa Pentas Seni dan Budaya dari siswa. Berbagai ragam tampilan dari semua kelas seperti musik band, tari tradisional, dance modern, puisi, teater dan berbagai tampilan kreatif lainnya berlangsung dengan meriah.

Pentas seni HUT SMAN 1 Kaliwungu
Pentas seni HUT SMAN 1 Kaliwungu. Foto: SMANKA doc.

Rangkaian kegiatan perayaan HUT SMAN 1 Kaliwungu ini berakhir pada sore harinya, ditutup dengan penampilan penyanyi dangdut Ibukota serta Band lokal "AVES".

Biduan dangdut cantik
Artis dangdut Ibukota dalam acara HUT SMAN 1 Kaliwungu. Foto: SMANKA doc.

Semarak HUT SMAN 1 Kaliwungu
Semarak Pentas Seni memperingati HUT SMAN 1 Kaliwungu. Foto: SMANKA doc.

0 Response to "Semarak HUT SMAN 1 Kaliwungu, Unik dan Kreatif"

Post a Comment